Potensi Pasar Domestik Belum Tergarap

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar 240 juta jiwa, merupakan salah satu pasar yang sangat besar di dunia. Banyak perusahaan-perusahaan dunia mentargetkan indonesia sebagai pasar mereka. Potensi pasar domestik yang besar tersebut bukan tanpa alasan. Indonesia merupakan pengguna Blackberry terbesar di dunia, Indonesia merupakan salah satu pengakses situs facebook, Google dan beberapa media sosial lainnya.

Potensi pasar domestik yang empuk tersebut didukung oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi (di atas 6%) yang sebagian besar ditopang oleh konsumsi sehingga orang Indonesia memiliki daya beli yang tinggi. Lihat saja jumlah kendaraan bermotor di jalan-jalan raya, dari hari ke hari terus bertambah jumlahnya. Kita menyaksikan kemacetan tidak hanya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, tetapi sudah sampai ke kota kabupaten seperti Tasik, Sukabumi, Sidoarjo dan kota-kota kecil lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa jualan di Indonesia sangat menjanjikan.

Pasti diantara kita pernah mengunjungi tempat wisata di Indonesia. Apa yang kita saksikan adalah penuh sesak tempat wisata tersebut oleh wisatawan lokal. Belakangan ini, tidak hanya tempat wisata yang sudah terkenal seperti Bali, Lombok, Beberapa objek wisata di Bandung, tetapi objek wisata yang baru dibuka pun sudah dipenuhi pengunjung. Hal ini menunjukkan potensi pasar yang besar. Orang-orang kaya baru perlu refreshing melalui mengunjungi tempat wisata.

Belum lagi ketika kita mengunjungi mal-mal. Pertumbuhan mal-mal di pusat-pusat kota seolah bersaing dengan pertumbuhan jumlah pengunjungnya. Potensi pasar ini sayang sekali jika dibiarkan dinikmati oleh brand-brand asing.

Ditulis oleh: Hidayat

Avatar

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008
Avatar

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Avatar

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008