Kita, terutama investor, tentu sering mendengar bahwa Warren Buffett adalah salah satu orang terkaya di dunia yang mana kekayaannya didapatkan melalui investasi di pasar saham. Beberapa sumber menyebutkan bagaimana cara Warrent Buffet melambungkan asetnya di pasar saham. Sumber tersebut menyebutkan bahwa beliau membeli saham yang undervalued (dihargakan terlalu rendah) kemudian menjual kembali ketika harganya mahal. Lalu bagaimana menilai sebuah saham undervalued atau overvalued?

Dalam beberapa textbook investasi disebutkan bahwa indikator-indikator untuk mengukur apakah sebuah saham dihargakan terlalu tinggi/terlalu rendah adalah PBV dan PER. PBV (Price to Book Value) adalah ratio harga market dibandingkan dengan harga yang tertera pada laporan keuangannya. sementara PER (Price Earning Ratio) adalah ratio harga sebuah saham dibandingkan terhadap laba bersih perusahaan.

Indikator-indikator di atas saya cobakan ke beberapa saham di Indonesia. Hasilnya saya kesulitan menemukan saham yang undervalued, terutama pada saham-saham yang berkinerja baik. harga saham-saham tersebut rata-rata di atas book value.

Apakah kita harus menunggu saham sampai undervalued, baru kita membeli saham tersebut? Tentunya tidak. Karena jika menunggu saham sampai undervalued maka kita akan menunggu sampai masa krisis datang yang mana kita tidak tahu kapan terjadinya.

Saya mengamati ternyata harga saham yang overvalued tersebut mesih terus naik. Berdasarkan perbandingan beberapa saham ternyata saham yang harganya terus meningkat adalah saham-saham perusahaan yang dipersepsikan memiliki prospek yang lebih baik di masa mendatang. Kesimpulan saya adalah kita dapat membeli saham yang overvalued namun masih memiliki prospek, entah hanya persepsi sebagian investor atau memang betul-betul memiliki prospek cerah.

Salam Investasi!

Avatar

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008
Avatar

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Avatar

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008