survey kepuasan pelanggan puskesmas

Survey kepuasan pelanggan puskesmas tidak jauh berbeda dengan survey kepuasan pelanggan rumah sakit yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Hal yang membedakan tentu aspek yang kita survey karena tugas pokok dan fungsi puskesmas berbeda dengan rumah sakit. Kita perlu mengingat bahwa survey kepuasan pelanggan berbeda dengan survey evaluasi kinerja. Survey kepuasan pelanggan akan berkisar kepada aspek-aspek yang dirasakan langsung oleh pelanggan. Sementara survey evaluasi kinerja lebih ke arah aspek job description setiap fungsi yang ada dalam puskesmas. Survey kepuasan lebih ke arah persepsi pelanggan bukan apakah tenaga kesehatan dan kru lain di puskesmas telah bekerja sesuai tugas masing-masing.

Berikut merupakan beberapa aspek yang penting ditanyakan dalam survey kepuasan pelanggan puskesmas.

Pembinaan kesehatan

Salah satu tugas pokok dan fungsi puskesmas adalah memberikan pembinaan melalui penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dalam wilayah cakupan puskesmas tersebut. Oleh karena itu, dalam survey kepuasan pelanggan puskesmas perlu untuk menilai hal-hal berikut:

Apakah masyarakat telah merasakan dampak penyuluhan kesehatan dalam bentuk peningkatan pengetahuan mengenai pencegahan suatu penyakit atau wabah. Apakah masyarakat sudah mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama dengan baik.

Bagaimana prosedur pelayanan dan respon dari petugas kesehatan di puskesmas. Bagaimana komunikasi dari penyuluh kesehatan sudah cukup jelas atau belum.

Pelayanan kesehatan

Selain memberikan pembinaan kesehatan komunitas, puskesmas juga memiliki tugas pokok dalam pelayanan kesehatan. Walaupun tentunya pelayanan kesehatan ini bersifat terbatas baru pada level penanganan pertama. Masyarakat pun jangan berhadap bahwa fasilitas dan layanan yang diberikan puskesmas harus setara dengan rumah sakit tipe A.

Aspek yang harus dinilai terkait pelayanan kesehatan adalah apakah pelayanan kesehatan tingkat pertama sudah dilaksanakan dengan baik atau belum menurut masyarakat. Aspek ini menyangkut respon yang cepat, prosedur yang tidak berbelit-belit dan penyampaian informasi yang jelas.

Dampak kegiatan

Apakah masyarakat merasakan dampak penurunan penyakit misalnya demam berdarah di masyarakat, penurunan angka kematian bayi, masyarakat mengetahui bagaimana pencegahan penularan HIV.

Kegiatan pencegahan

Apakah kegiatan pencegahan di masyarakat sudah dirasakan oleh masyarakat, seperti penyemperotan (fogging) nyamuk demam berdarah dan kegiatan sejenisnya.

Fasilitas dan sarana penunjang

Aspek ini meliputi penilaian:

Apakah fasilitas penunjang dirasakan sudah cukup lengkap, apakah tingkat kebersihan sudah baik atau belum. Apakah ketersediaan obat sudah memadai. Apakah tenaga kesehatan sudah cukup lengkap. Bagaimana dengan fasilits ruang rawat inapnya.

Prosedur pelayanan kesehatan

prosedur meliputi apakah prosedur dan administrasi mulai dari pendaftaran, penggunakan kartu BPJS, asuransi, prosedur rujukan dan pembayaran kesehatan tidak menyulitkan masyarakat yang akan berobat.

Tenaga kesehatan

Kinerja dari personel atau semua tenaga kesehatan akan sangat menentukan apakah pelanggan akan puas atau tidak. Personel ini mencakup dokter dan semua kru yang berhubungan langsung dengan pasien.

Aspek komunikasi

Aspek yang paling penting dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan puskesmas sebetulnya adalah aspek komunikasi. Aspek ini dapat menjadi variabel kontrol apakah seseorang tidak puas akibat komunikasi yang kurang sehingga mereka masyarakat berharap terlalu tinggi. Atau kah memang karena kinerja terkait tugas pokok dan fungsi yang tidak dijalankan dengan baik.

Jika masih terkait dengan komunikasi maka yang harus dilakukan tentunya lebih ke arah bagaimana memperbaiki komunikasi sehingga masyarakat tidak mengharapkan sesuai yang di luar tupoksi puskesmas.

Sebaliknya jika memang kinerja puskesmas yang masih dibawah standar yang seharusnya. Maka perbaikan harus dilakukan dengan meningkatkan kinerja.

INFO KERJASAMA:

Bagi Anda yang ingin melakukan kerjasama Survey Kepuasan Pelanggan Puskesmas, kami dapat membantu dalam hal konsep survei, desain kuesioner, tenaga surveyor, analisis data, dan laporan hasil survey.

Kontak kami

081321898008 (Hidayat)

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008