AYAT HIDAYAT HUANG-2

Setiap akhir tahun, perusahaan beramai-ramai melakukan berbagai macam survei yang salah satunya adalah employee satisfaction survey atau survey kepuasan karyawan. Survey kepuasan karyawan memang penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan karyawan dalam lingkungan kerja dari waktu ke waktu. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan survey ini agar tidak memboroskan anggaran namun minim improvement.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam evaluasi kinerja karyawan:

Libatkan semua lapisan karyawan ketika mendesain pertanyaan survei

Dalam mendesain kuesioner, sebaiknya semua pihak dilibatkan dalam sebuah FGD (focus group discussion). Hindari untuk menggunakan template kuesioner yang sudah baku, walaupun itu didesain oleh konsultan ternama. Mengapa? Karena organisasi kita adalah unik. Setiap organisasi memiliki struktur yang berbeda beda. Bahkan nama level jabatannya sama pun dimungkinkan memiliki job description dan kewenangan yang berbeda. Setiap organisasi menyusun struktur organisasinya berdasarkan strateginya masing-masing. Jika demikian tentu pertanyaan yang dilakukan untuk mengukur masing-masing bagian juga akan berbeda.

Hindari pertanyaan mengenai gaji

Pertanyaan mengenai benefit finansial akan membuat hasil survey menjadi bias. Hindarilah pertanyaan mengenai bagaimana tingkat kepuasan anda terhadap gaji yang anda terima. Atau pertanyaan sejenis seperti apakah gaji yang anda peroleh sudah memenuhi kebutuhan hidup anda. Pertanyaan seperti ini akan sangat relatif mengingat setiap orang memiliki penilaian dan kebutuhan yang tidak seragam. Bahkan dengan pertanyaan seperti ini, responden akan cenderung menjawab tidak puas. Jika demikian maka akan mempengaruhi indeks kepuasan secara keseluruhan.

Survey bukan untuk menilai apa yang telah perusahaan berikan

Senada dengan pertanyaan mengenai gaji, sebaiknya dalam kuesioner hindari pertanyaan mengenai kepuasan karyawan terhadap perusahaan atau manajemen. Survey kepuasan pelanggan dilakukan bukan untuk mang-assess seberapa puas karyawan atas apa yang telah diberikan oleh perusahaan kepada mereka. Survey dilakukan untuk meningkatkan kinerja setiap komponen dalam organisasi.

Menilai kepuasan karyawan sebagai pelanggan dari bagian lain

Tujuan utama dari survey kepuasan pelanggan adalah untuk meng-capture kondisi perusahaan dilihat dari internal customer. Setiap komponen dalam perusahaan saling terkait. Setiap bagian juga merupakan pelanggan dari bagian lainnya. Setiap bagian memberikan service kepada bagian lainnya. Sehingga satu bagian akan mempengaruhi kinerja bagian lainnya. Oleh sebab itu, survey kepuasan karyawan disebut juga survei kepuasan pelanggan internal. Survey ini akan menilai bagaimana kepuasan satu bagian atas service dari bagian lainnya. Sebagai contoh, bagian packing pada industri manufaktur, kinerjanya akan sangat tergantung dari bagian sebelumnya yaitu bagian finishing product. Jika bagian finishing product telat maka kinerja bagian packing juga akan terganggu. Setiap karyawan berlaku sebagai pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh bagian lain.

Perlu diukur secara berkala

Untuk mengetahui perkembangan apakah ada improvement atau tidak, perusahaan perlu melakukan survey secara berkala. Tujuannya adalah apakah poin-poin yang masih kurang sudah dilakukan perbaikan atau belum. Jika sudah dilakukan perbaikan tentu akan ada peningkatan dalam skor tingkat kepuasan.

Semua bagian perlu mengetahui berapa index satisfaction mereka

Hasil survei kepuasan karyawan sebaiknya bukan hanya menjadi konsumsi top level management, tetapi juga semua lapisan bagian perlu mengetahui. Setiap bagian perlu mengetahui berapa angka mereka. Apa key improvement yang harus segera diperbaiki sehingga tidak mengganggu bagian lain. Dengan mengetahui berapa angka indeks kepuasan pada masing-masing bagian, setiap bagian akan aware apa hal penting yang perlu mereka perbaiki.

Lakukan action plan bersama

Setelah survey kepuasan karyawan dilakukan, segera setelah itu manajamen perlu mengumpulkan semua level organisasi untuk membuat rencana kerja perbaikan. Sehingga hasil survey bukan hanya dokumen yang dibuka ketika akhir tahun tetapi menjadi patokan dalam melakukan peningkatan kinerja organisasi.

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008