Segmentasi, Kunci Sukses di Tengah Persaingan Radio yang Semakin Ketat

Persaingan radio saat ini semakin ketat, sehingga pengelola media siaran itu harus benar-benar memahami dan mengenali ekspektasi atau apa yang diinginkan para pendengar. untuk mengetahui apa ekspektasi pendengar radio anda, perlu mengetahui segmentasi pendengar radio anda dan segmen mana yang dibidik. Apakah Anda membidik segmen anak muda, segmen profesional, segmen pengusaha, segmen etnis tertentu atau apa. jika anda membidik segmen anak muda, segmen anak muda yang mana? apakah anak muda dengan pendidikan tertentu, anak muda dengan hobi musik tertentu atau apa. semakin tepat jelas segmen market mana yang anda bidik, maka akan semakin jelas posisi radio anda di benak pendengar.

Ketika sebuah radio tidak memiliki diferensiasi dibandingkan radio lainnya, maka radio tersebut hanya akan didengarkan sesaat saja ketika kebetulan memutar lagu yang disukai pendengar. Setelah itu pendengar akan mencari stasiun lain yang memutar lagu atau program yang disukainya. Tentunya keadaan seperti ini tidak diinginkan oleh para pemilik radio. mereka berhadap memiliki pendengar yang setia, jika perlu tidak pernah memutar ke stasiun radio lain ketika radionya sedang iklan.

Mengutip dari Harian Kompas yang ditulis kembali oleh beberapa media online, Suatu ketika Radio Kayu Manis merekrut penyiar anak muda dengan tujuan untuk memperluas cakupan pasarnya. Selama ini mereka membidik segmen orang tua atau pendengar dewasa, ingin menambah pendengar anak muda melalui penyiarnya yang lebih muda. Namun siapa nyana, belum sampai 3 bulan, penyiar baru ini “kabur”. Dia beralasan tidak bisa bergaul dengan penyiar lain yang lebih senior. Alhasil Radio Kayu manis tidak berhasil menambah segmen pendengarnya.

Jika penyiar baru ini tidak kabur pun, saya tidak yakin Radio Kayu Manis (RKM) akan berhasil menambah segmen pasarnya. Selama ini pendengar setia sudah mengenal radio RKM sebagai radionya mereka. Jika mengubah penyiar atau acaranya, bukannya pendengar baru datang, malahan mungkin pendengar setia pun akan merasa “aneh” kemudian malah “berpindah ke lain hati”.

Kembali lagi ke kata “segmentasi”, segmentasi merupakan salah satu kunci sukses sebuah bisnis dimana persaingannya sangat ketat. Segmentasi menjadi titik awal sebelum terjadinya positioning di benak konsumen. Bagaimana konsumen membedakan sebuah produk/perusahaan tanpa ada pembeda ketika produk/perusahaan yang dibandingkannya sangat banyak. Melalui segmentasi, pemimpin dari sebuah radio akan mampu mengidentifikasi pesan apa yang harus disampaikan kepada target pendengar mereka. Pendengar akan mengenalai radio tersebut dan jika disukai maka akan terus-terusan di dengar. Pada akhirnya menjadi pendengar setia.

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008