Mengukur Potensi Pasar: Masih Ada Cukup Calon Pelanggan kah?

Ditulis Oleh: Ayat Hidayat Huang (Head of Research PT Globalstats Research)

Misalkan Anda telah memutuskan akan menjalankan sebuah bisnis baru. Segala persiapan telah dilakukan, termasuk lokasi geografis dari bisnis yang akan dijalankan telah ditentukan. Mungkin juga Anda telah menentukan siapa target pelanggan, dan siapa-siapa saja pesaingnya. Pertanyaan yang tidak kalah penting adalah apakah potensi pasar dari bisnis Anda kira-kira cukup besar? Sehingga bisnis anda akan profit dan tidak bangkrut di tengah jalan gara-gara sepi pembeli.

Potensi pasar adalah Perkiraan jumlah uang yang akan masuk ke bisnis Anda dari pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda. Langkah-langkah untuk menghitung potensi pasar akan saya coba uraikan seperti berikut:

TENTUKAN SEGMEN PASAR

Target market yang dibidik dikelompokan berdasarkan karakteristik-karakteristik tertentu yang mana pengelompokkan ini disebut dengan segmen pasar. Segmen pasar pada umumnya dikelompokkan berdasarkan demografis: jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan/pengeluaran. Poinnya adalah kita mengetahui jumlah masing-masing segmen ini terutama segmen yang kita bidik.

TENTUKAN BATAS GEOGRAFIS

Tentukan batasan geografis dari target pelanggan bisnis kita. Secara geografis pada jarak terjauh berapa kilometer, yang masih akan anda target menjadi pelanggan utama Anda. Evaluasi apakah jarak terjauh tersebut masih memungkinkan. Seberapa banyak kira-kira jumlahnya.

Namun ketika basis pelanggan kita adalah pengguna internet, tentunya batas geografis menjadi tidak relevan lagi. Semua konsumen di seluruh dunia dapat menjadi pelanggan bisnis anda. Untuk menghitung jumlah pelanggan potensial, anda dapat memproyeksikan dari jumlah pengguna internet dengan kata kunci tertentu. Anda dapat memanfaatkan mesin Google untuk mencarinya.

IDENTIFIKASI PESAING-PESAING YANG ADA

Anda perlu mengidentifikaasi pesaing-pesaing bisnis Anda. Hal ini penting karena akan berkaitan dengan seberapa besar pangsa pasar yang dapat Anda raih. Seberapa besar pangsa pasar yang sudah diambil oleh pesaing anda.

Untuk mendapatkan data pesaing memang tidak mudah. Apalagi mendapatkan berapa jumlah pelanggan pesaing atau omset pesaing. Bagi bisnis yang sudah jelas industrinya kita dapat memanfaatkan data BPS atau lembaga sejenis yang sering mempublikasikan data industri. Jika tidak ada, maka tentunya Anda harus memanfaatkan jasa pihak ketiga atau membentuk tim khusus pencari data.

Berdasarkan data pangsa pasar pesaing kita dapat menghitung pangsa pasar tersisa dari bisnis tersebut. Persentase pangsa pasar kita adalah target pelanggan potensial kita. Mungkin saja kita head to head dengan pesaing yang sudah established dan mengambil pesaing mereka. namun tentunya hal tersebut membutuhkan effort yang besar.

PERKIRAKAN RATA-RATA TINGKAT KONSUMSI PELANGGAN

Melalui metode survei atau wawancara atau data-data sekunder Anda dapat menghitung berapa rata-rata konsumsi/pengelauaran pelanggan terhadap produk/layanan sejenis.I

HITUNG POTENSI PASAR

Pada langkah 5, memperkirakan pangsa pasar atau potensi pasar, kita menentukan apakah pasar yang kita tuju akan mendukung bisnis kita sehingga menutup biaya-biaya dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Umumnya, potensi pasar adalah perkiraan bersih tertinggi pendapatan perusahaan. Rumusan yang dapat digunakan untuk mengukur potensi pasar adalah sebagai berikut:

MP = N x MS x P x Q

dimana:

MP : Market potensial
N : Jumlah Potensial PelangganMS : Market Share
P : Rata-rata Harga Penjualan
Q : Quantity konsumsi satu pelanggan pertahun

sumber: disarikan dari http://plantsforhumanhealth.ncsu.edu/extension/marketready/pdfs-ppt/business_development_files/PDF/estimating_market_potential.pdf, 5 Maret 2014.

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008