Contoh studi kelayakan bisnis untuk bidang ritel kami sajikan sebagai berikut:

Kelayakan Secara Legal

Dalam contoh studi kelayakan bisnis kali ini, saya akan membahas mengenai kelayakan legal sebuah bisnis. Kelayakan legal sebuah bisnis merupakan hal utama dan pertama yang harus di cek. mengapa hal ini perlu dilakukan pertama kali. Karena jika aspek ini tidak dipenuhi maka seberapa menguntungkan suatu bisnis maka tidak akan dapat dieksekusi. Jika anda paksakan untuk eksekusi maka tentu akan segera anda tutup kembali bisnis tersebut. Mengapa? ya tentunya akan ada segera aparat yang datang ke lokasi bisnis anda.

Apa saja yang harus dipenuhi dari aspek kelayakan legal ini.

Izin Badan Usaha
Pada contoh studi kelayakan bisnis ritel, izin badan usaha keberadaannya diperlukan. Sebelum memulai bisnis ritel sebaiknya anda membentuk badan hukum usaha bentuknya dapat berupa perseroan terbatas atau PT, CV atau koperasi. badan hukum penting untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga misalnya supplier, atau pihak lain. Dalam pengurusan pajak, memiliki badan hukum akan menjadi lebih teratur dibandingkan tidak memilikinya. Hal yang paling penting dari badan hukum adalah anda dapat memisahkan kekayaan pribadi dengan kekayaan usaha. Jika suatu saat terjadi pailit, maka hanya harta perusahaan yang akan menjadi jaminan, tanpa melibatkan harta pribadi.

Izin Pemerintah Daerah

Pada contoh studi kelayakan bisnis kesempatan kali ini, saya akan jelaskan pentingnya pemilik usaha ritel untuk mempertimbangkan izin pemerintah daerah. Sekarang-sekarang ini banyak izin pemerintah daerah yang membatasi operasional bisnis ritel. Pembatasan tersebut berupa jam operasional maupun pembatasan sampai izin pembukaan bisnis ritel baru. Niat pemerintah daerah tersebut memang baik yaitu melindungi bisnis ritel konvensional dan umkm. Namun tentu, anda sebagai pengusaha ritel perlu mempertimbangkan izin pemerintah daerah sebagai hal yang penting.

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008