Misalkan Anda telah memutuskan akan menjalankan sebuah bisnis,
lokasi geografis dari bisnis yang akan dijalankan, mungkin juga telah menentukan siapa target pelanggan, dan siapa-siapa saja pesaingnya. Selanjutnya Pekerjaan Anda adalah menghitung potensi pasar dari bisnis Anda. Potensi pasar adalah Perkiraan jumlah uang uang yang akan masuk ke bisnis anda dari pelanggan Anda yang membeli produk atau jasa Anda. Perkiraan jumlah potensi pasar hanya sangat bergantung kepada informasi mengenai pelanggan yang dikumpulkan dan asumsi yang terkait. Ada tujuh langkah-langkah untuk menghitung potensi pasar :
1 . Tentukan segmen pasar (target pasar).
2 . Tentukan batas-batas geografis pasar.
3 . Tentukan kompetisi.
4 . Tentukan ukuran pasar.
5 . Perkirakan pangsa pasar.
6 . Tentukan konsumsi rata-rata tahunan.
7 . Perkirakan harga jual rata-rata.

Potensial pasar adalah jumlah calon pelanggan potensial, sebuah rata-rata penjualan dan perkiraan total penggunaan dalam satu periode waktu. secara umum dapat digambarkan dengan rumus seperti berikut:
TENTUKAN SEGMEN PASAR
Target market yang dibidik dikelompokan berdasarkan karakteristik-karakteristik tertentu, yang mana pengelompokkan ini disebut dengan segmen pasar. Segmen pasar ini pada umumnya dikelompokkan berdasarkan demografis: jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan/pengeluaran. Hal yang paling penting adalah kita dapat mengetahui berapa jumlah masing-masing segmen ini terutama segmen yang kita bidik.
TENTUKAN BATAS GEOGRAFIS
Tentukan batasan geografis dari target pelanggan Anda, secara geografis pada jarak terjauh berapa kilometer yang masih akan anda target menjadi pelanggan utama Anda. Evaluasi apakah jarak terjauh tersebut masih memungkinkan. Seberapa banyak kira-kira jumlahnya.
IDENTIFIKASI PESAING-PESAING YANG ADA
Anda perlu mengidentifikasi pesaing-pesaing bisnis Anda. Hal ini penting karena akan berkaitan dengan seberapa besar pangsa pasar yang dapat Anda raih.
PERKIRAKAN RATA-RATA TINGKAT KONSUMSI PELANGGAN
Melalui metode survei atau wawancara atau data-data sekunder Anda dapat menghitung berapa rata-rata konsumsi/pengelauaran pelanggan terhadap produk/layanan sejenis.
Pada langkah 5, memperkirakan pangsa pasar atau potensi pasar, kita menentukan apakah pasar yang kita tuju akan mendukung bisnis kita sehingga menutup biaya-biaya dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Umumnya, potensi pasar adalah perkiraan bersih tertinggi pendapatan perusahaan.
MP = N x MS x P x Q
dimana:
MP

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008