Bagaimana Mengukur Hierarki Engagement Karyawan

Sebagai seorang pemilik usaha, manager atau atasan, kadang kita bertanya bagaimana tingkat pemahaman karyawan/bawahan kita atas program yang dijalankan oleh perusahaan. Kita mungkin telah membuat berbagai program upgrading terhadap anak buah kita. Apakah mereka sudah faham mengenai program yang dijalankan oleh perusahaan? Lalu sejauh mana tingkat pemahaman mereka terhadap program yang dijalankan.

Untuk menggambarkan tingkat pemahaman, piramida dari Walker setidaknya dapat menggambarkan mengenai hal tersebut:

walker's hierarchy of engagement
Walker’s Hierachy of Engagement

Pada gambar di atas dijelaskan lima tingkatan engagement karyawan terhadap program perusahaan.

1. Pada tingkat paling bawah, karyawan sama sekali tidak mengetahui program yang sedang dijalankan perusahaan. Ketika kita tanya apakah mereka mengetahui bahwa di perusahaan sedang ada program X, maka mereka akan menjawab tidak tahu. Keadaan ini adalah tingkat terburuk dari hierarki engagement. Mungkin hal ini disebabkan oleh ketidakpedulian karyawan atau malah kurangnya sosialisasi dari perusahaan kepada karyawan.

2. Pada tingkat kedua yaitu pada level awareness, karyawan mengetahui ada program tertentu di perusahaan. Walaupun mereka tidak mengetahui dengan detail dan secara teknis bagaimana mensukseskan program tersebut. Mereka hanya sebatas mengetahui.

3. Tingkat berikutnya adalah understanding. pada tingkat ini karyawan bukan hanya sebatas mengetahui tetapi juga faham dengan detail langkah demi langkah dalam mensukseskan program perusahaan.

4. Tingkat keempat adalah mindset. program perusahaan telah menjadi pola pikir bagi karyawan dalam melaksanakan pekerjaan. mereka memahami pentingnya program tersebut untuk dilaksanakan.

5. Tingkat tertinggi adalah action. pada tingkat ini karyawan sudah melaksanakan program dengan baik. bahkan lebih jauh lagi telah menjadi habit dan cultur di lingkungan kerja. Tingkat ini merupakan tingkat tertinggi dari sebuah engagement. Tentunya perusahaan perlu membuat program training, coaching dan sosialisasi agar mencapai level ini.

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008