Aspek Penting dalam Studi Kelayakan Bisnis

Apa yang dimaksud dengan Studi Kelayakan Bisnis?

Seperti namanya, studi kelayakan adalah analisis kelayakan sebuah ide. Studi kelayakan berfokus pada membantu menjawab pertanyaan penting “apakah sebuah ide bisnis layak dijalankan?” studi kelayakan bisnis adalah semua kegiatan penelitian diarahkan membantu menjawab pertanyaan ini. Terdapat beberapa aspek penting yang harus dipenuhi dalam studi kelayakan bisnis.

Sebuah usaha bisnis yang layak adalah satu di mana bisnis yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, tersedia pasar yang cukup sehingga menghasilkan arus kas dan keuntungan yang memadai, risiko yang dapat dikendalikan, memenuhi indikator kelayakan keuangan dan secara teknis dapat dilaksanakan.

Apa saja aspek-aspek yang perlu dikaji dan dipenuhi dalam sebuah studi kelayakan bisnis sehingga sebuah pengambilan keputusan bisnis dapat dilakukan, berikut ulasannya:

1. Aspek hukum

Sebelum sebuah ide bisnis dieksekusi, kita perlu melakukan kajian kelayakan apakah ide bisnis tersebut bertentangan atau tidak dengan peraturan yang berlaku di sebuah negara, mulai dari pertaturan tertinggi, peraturan daerah, asosiasi dan peraturan teknis yang terkait. Aspek legal merupakan aspek yang pertama kali harus dikaji sebelum aspek-aspek lainnya. Hal ini disebabkan karena jika sebuah ide bisnis bertentangan dengan peraturan maka sudah tentu bisnis tersebut dapat dihentikan setiap waktu oleh pemerintah tidak peduli seberapa besar bisnis tersebut.

2. Aspek pasar

Pada aspek pasar ini, yang perlu dikaji adalah apakah produk/jasa yang akan ditawarkan memiliki pasar, seberapa besar pasarnya, apakah mencukupi sehingga bisnis menghasilkan profit. Bagaimana dengan siklus industrinya, apakah saat ini dalam keadaan tumbuh, sudah pada puncaknya, atau sudah jenuh.

Pada aspek pasar ini juga perlu dikaji mengenai siapa saja pesaing yang bermain pada segmen yang sama, bagaimana struktur persaingannya. Sebelum memasuki sebuah bisnis, maka kita perlu mengetahui siapa yang akan menjadi pesaing kita. Bagaimana kekuatan pesaing kita, apakah sangat mendominasi pasar atau tidak. Sebagai contoh, jika saat ini ada produsen mobil lokal yang hendak masuk pasar otomotif, maka tentunya bukan waktu yang tepat. Saat ini sudah sangat telat untuk masuk industri otomotif

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008