penilaian kinerja karyawan

Jika ditanya apa metode penilaian kinerja karyawan yang paling tepat, maka jawabannya adalah semuanya tepat, tergantung tujuan dari penilaian kinerja tersebut.

Saya akan mulai dengan pertanyaan apa pentingnya sebuah penilaian kinerja dilakukan?

Penilaian kinerja sangat penting, terutama bagi beberapa pihak

Terkait Kompensasi

Penilaian kinerja karyawan sangat dibutuhkan terkait dengan rencana kompensasi kepada karyawan dalam organisasi, seberapa besar kompensasi, bonus atau kompensasi lainnya.

Terkait Keputusan Personil

Sebelum melakukan keputusan organisasi terkait personil dalam perusahaan, maka sebainya keputusan tersebut didasarkan atas hasil penilaian kinerja karyawan. keputusan-keputusan itu seperti promosi jabatan, rotasi, mutasi dan sebagainya.

Terkait Training

Sebelum dan sesudah melakukan training sebaiknya dilakukan penilaian kinerja karyawan. Lebih jauh lagi untuk mengetahui efektivitas dari training atau konsultan independen, sebaiknya penilaian kinerja dilakukan.

Terkait Riset Evaluasi

Penilaian kinerja karyawan juga dapat bermanfaat untuk pengembangan organisasi. Melalui penilaian kinerja karyawan dapat dikembangkan sebuah tools untuk evaluasi kedepan.

Setelah mengetahui pentingnya penilaian kinerja karyawan, lalu dari mana saja sumber informasi mengenai karyawan dapat diambil agar penilaian kinerja menjadi efektif?

Supervisor

Paling sering dan paling umum, penilaian kinerja karyawan dilakukan oleh supervisor atau atasan. Penilaian ini sebetulnya relatif objektif dengan syarat tidak ada konflik dan kepentingan tertentu antara atasan dan bawahan. Atasan dapat menilai bawahan dengan lebih komprehensif dan dapat melihat dari perspektif kebutuhan organisasi. Kekurangannya adalah ketika kondisi di atas terjadi dan penilaiannya cenderung satu arah.

Co workers

Untuk penilaian lebih objektif, beberapa organisasi telah melibatkan peer sebagai penilai atas kinerja rekannya. Kita akan mendapatkan banyak insight dari berbagai rekan. Kelemahannya adalah terkadang peer memberikan penilaian yang cenderung moderate dan toleran.

Self

Penilaian kinerja oleh diri sendiri memang terlihat akan sangat subjektif. Tetapi untuk mengetahui apa yang karyawan rasakan menurut pandangan mereka, penilaian ini dapat dilakukan.

Subordinates

Penilaian oleh bawahan juga dapat dilakukan terutama untuk mengetahui leadership seorang pemimpin. Namun kelemahannya, bawahan cenderung segan untuk memberikan penilaian kepada atasan mereka. Untuk mengurangi hal ini, penilai tentu diperbolehkan untuk tidak mencantumkan data identitas.

Clients

Bagi karyawan yang berhubungan langsung dengan clients atau customers, tentu penilaian pelanggan sangatlah penting. Kita bukan mau menilai objektif atau tidak seorang pelanggan menilai karyawan. Tetapi feedback dari pelanggan sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis.

Lalu, bagaimana metode penilaian kinerja karyawan yang paling tepat? berikut merupakan uraian singkat dari beberapa metode penilaian karyawan baik yang klasik maupun modern.

Metode Penilaian Masa Lalu

1. Rating Scale dan Ceklist

Merupakan metode skala numerik yang merepresentasikan kinerja karyawan seperti, tingkat ketergantungan, inisiatif, output dan semua aspek. Penilaiannya diberikan rating mulai dari terbaik sampai kurang. Kelebihannya adalah, mudah digunakan, relatif murah, dapat digunakan untuk karyawan jumlah besar. Kekurangnya adalah pemberi rating.

Mirip dengan metode sebelumnya, hanya lebih sederhana dimana hanya berisi ceklis ya tidak. tools dapat diisi oleh HR departemen atau karyawan. kelebihan tentunya lebih sederhana, lebih mudah, lebih murah. Kekurangan bias dari pemberi nilai dan tidak ada alternatif selain ya tidak.

2. Employee Comparison

Berbeda dengan metode sebelumnya yang mana membandingkan setiap employee dengan kriteria ideal yang telah ditetapkan sebelumnya, metode ini lebih menekankan kepada perbandingan antara karyawan. Melalui metode ini karyawan diranking dari yang terbaik sampai yang terbaik untuk kriteria tertentu. kemudian didistribusikan secara statistik, sehingga diperoleh top 10% best employee atau sebaliknya.

3. Management By Objectives

Metode ini lebih menekankan kepada seberapa tingkat pencapaian karyawan terhadap misi, dan objektif organisasi. Karyawan dinilai tidak perform ketika kinerjanya tidak inline dengan tujuan besar organisasi. Metode ini cocok untuk level manajerial dan kurang cocok untuk semua level.

4. Psychological Approach

Penilaian kinerja biasanya menilai hasil kerja yang sudah berlalu. Nah, kelebihan dari penilaian ini adalah dapat memberikan potensi kinerja karyawan di masa mendatang. Melalui berbagai alat test psikologi karyawan dapat dipetakan menurut meotivasi, bakat, minat, dan karakter psikologisnya sehingga mendukung kinerja di masa mendatang.

Memang kekurangan metode ini yang relatif mahal dan sangat tergantung kepada keahlian dan pengalaman psikolognya sendiri.

5. Assessment Center

Merupakan teknik penilaian kinerja dimana dipusatkan di satu lokasi. para manajer datang ke lokasi tersebut kemudian dievaluasi oleh pengamat. Teknik ini lebih menggunakan teknik pengambatan terhadap manajer dengan melihat perilaku dan hasil kerjanya. Indikator yang dapat diperoleh dari metode ini adalah kemampuan komunikasi, persuasif, tingkat asertif, perencanaan, kepercayaan, tingkat stress dan lain-lain.

Kelebihan metode ini adalah berbagai pendekatan penilaian kinerja dapat dilakukan. penilaian tidak hanya berdasarkan isian di atas kertas. Kekurangan dari metode ini tentunya memakan biaya yang besar dan waktu yang tidak sebentar. Terlebih ketika ingin diimplementasikan untuk semua karyawan.

6. 360 Degree Feedback

Sesuai namanya teknik ini melibatkan semua pihak untuk melakukan penilaian mulai dari atasan, bawahan, rekan kerja, pelanggan, diri sendiri dan tim.

Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama
Konsultan Market dan Bisnis Riset
untuk Training, Konsultansi, dan Riset
call: +6281321898008

Latest posts by Ayat Hidayat Huang (see all)

About Ayat Hidayat Huang

Direktur PT Globalstat Solusi Utama Konsultan Market dan Bisnis Riset untuk Training, Konsultansi, dan Riset call: +6281321898008